Tingkatkan Kemampuan Komunikasi, Mahasiswa Ikom Undhar Ikuti Praktek Jurnalistik dan Reportase di Pasar Petisah Medan

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi semester lima Universitas Dharmawangsa (Undhar) melaksanakan praktek lapangan mata kuliah Jurnalistik dan Reportase dengan melakukan peliputan berbagai kegiatan yang ada di pasar Petisah Medan, Kamis (7/12/2023).

Dibawah bimbingan langsung Dr.Topan Bilardo, M.I.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah tersebut mahasiswa sangat antusias mrngikutinya, meskipun hujan turun deras saat itu tidak menyurutkan langkah mereka mengikuti tugas praktek tersebut.

“Mereka ditugaskan untuk melakukan peliputan dan kemudian hasil liputan tersebut dibuat dalam bentuk berita, jadi bukan hanya teori saja yang mereka dapat didalam kelas melainkan praktek lapangannya juga mereka kuasai,” kata Topan.

Menurut Topan, kegiatan ini dapat mengasah kemampuan dan keberanian mahasiswa untuk berkomunikasi dengan orang yang belum pernah mereka kenal sebelumnya. “Dengan teknik reportase yang sudah dipelajari sebelumnya dikelas, ini menjadi bekal mereka saat dilapangan dan ini bisa menjadikan mereka lebih berani bertemu dengan orang lain dan berkomunikasi langsung,” jelas Topan yang juga wartawan dikantor berita politik RMOLSumut.

Dalam kegiatan itu juga hadir Dr. Haslinda, M.I.Kom dosen Undhar yang juga ikut mengawasi berlangsungnya kegiatan tersebut, dia mengatakan tujuan dari praktek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa.

Dia melihat banyak mahasiswa prodi ilmu komunikasi ini yang tidak pandai berkomunikasi padahal dia mahasiswa komunikasi. “Dengan adanya kegiatan ini saya berharap mahasiswa-mahasiswa kita dapat memberanikan dirinya untuk berani berkomunikasi dengan orang lain,” tegas Haslinda.