Gelar Sosialisasi Kesehatan, Mahasiswa Ilkom Undhar Ajak Sisw/I SMK Markus 2 Medan Rutin Ganti Sikat Gigi

Mahasiswa semester III pagi prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dharmawangsa (Undhar) Medan, menggelar kegiatan sosialisasi kesehatan gigi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Markus 2 Medan, Jalan Pembangunan No.4, Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/12/2023).

Sosialisasi bertajuk ‘Pentingnya Mengganti Sikat Gigi’ ini, selain mengajak para siswa/I untuk menjaga kesehatan gigi, juga untuk pemenuhan kewajiban tugas mata kuliah Public Relation (PR) yang diampu oleh dosen Rafiqah Yusna Siregar, M.I.Kom.

“Banyak kendala yang kami hadapi di awal, mulai dari waktu dan keputusan menentukan pilihan sekolahnya, salah satu kendalanya adalah ujian akhir semester, selain itu akses untuk mendapatkan izin juga susah,  namun karena niat kita baik, maka jalan akhirnya terbuka, SMK Markus 2 Medan menerima kita dengan tangan terbuka, maka dari itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala dan Wakil Kepala Sekolah serta para guru SMK Markus 2 Medan, yang telah menerima tim ini,” terang Wine Cinta Aulia.

Sementara itu, Trisanova Grecilia Natanaya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa agar meningkatkan rasa percaya diri, serta punya hubungan baik dengan stakeholder, terutama di dunia pendidikan. 

“Kita sebagai mahasiswa harus percaya bahwa diri kita mampu tampil menjadi generasi yang dapat membanggakan, baik keluarga maupun kampus kita. Dalam sosialisasi ini kami mengajak semua siswa/I untuk selalu memperhatikan kesehatan gigi, dengan cara rutin mengganti sikat gigi. Jika tidak maka kondisi sikat gigi tidak lagi nyaman untuk digunakan, akibatnya tak lagi maksimal bila digunakan, jika sudah tak maksimal maka hasilnya juga tak sesuai harapan seperti munculnya bau tak sedap pada mulut, pemicu adanya flek pada gigi dan rentan terkena penyakit gigi lainnya,” ujar Trisanova Grecilia Natanaya.

Tim Mahasiswa semester III pagi prodi Ilkom Undhar Medan ini berharap, siswa/I SMK Markus 2 lebih memperhatikan penampilan diri, mulai dari menjaga kesehatan gigi dan bau mulut dengan menerapkan pentingnya mengganti sikat gigi secara rutin.

“Kami berharap, semoga materi yang telah disampaikan dapat diterapkan oleh siswa/I SMK Markus 2 di kehidupan sehari-hari, menjadi motivasi dan pengetahuan untuk lebih peduli akan kesehatan gigi dan sadar akan pentingnya mengganti sikat gigi secara rutin,” tutup Trisanova Grecilia Natanaya.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan meriah, selain penyampaian materi, tim juga melakukan tanya jawab, membuat games dan membagikan sikat gigi gratis. Di akhir kegiatan para siswa/i diminta membubuhkan tanda tangan di spanduk yang dibawa tim, sebagai bukti telah menyelesaikan kegiatan ini.